Quality Control Laboratorium : Basic Sediment and Water

Jurnal 24 APril 2010

Hari ini kami mengikuti pekerjaan di Quality Control Laboratorium. bermain-main sambil belajar dengan alat uji sampel sentrifugal untuk mendapatkan presentase kandungan air dan partikel2 sedimen tanah dalam minyak mentah yang kami terima dari platform proses-produksi. istilah presentase kandungan air & sedimen yang terkandung dalam minyak mentah itu dikenal dengan BS&W (Basic Sediment and Water; orang2 biasanya menyebutnya be-es-dabel-yu). pengukuran ini berguna untuk memastikan kemurnian minyak mentah yang kita kirim ke tanker pembeli. tanker pembeli hanya mau menerima minyak mentah dengan nilai BS&W yang sangat kecil, bahkan kalo bisa mencapai nol persen (0 %), atau kita sebut dengan istilah “trace”. pada umumnya, tanker pembeli memiliki toleransi untuk hanya menerima minyak mentah dengan nilai BS&W yang kurang dari 0.2%.

langkah2 untuk mendapatkan nilai presentase BS&W sebenernya sangat sederhana, dan sekilas serupa kayak bikin minuman sirup. berikut langkah2nya:
1. pertama-tama, ambil sampel minyak mentah yang akan diuji ke delam centrifuge tube sehingga memenuhi hingga 50% kapasitasnya.
2. masukkan larutan toluen ke dalam centrigu tube tersebut sehingga memenuhi 100% kapasitasnya. dalam hal ini, toluen berfungsi sebagai pelarut sehingga sampel minyak mentah menjadi lebih encer & homogen sehingga lebih mudah untuk dipisah-pisahkan ketika dilakukan sentrifugasi.
secara fisik, lauran toluen mirip seperti air jernih karena tidak berwarna. namun demikian penanganan terhadap larutan tolune harus ekstra hati-hati, karena selain baunya yang sangat menyengat (termasuk dalam senyawa hidrokarbon aromatik), bikin ngantuk, sensasi melayang, halusinasi, kelelahan dan bikin pusing, dan juga mudah terbakar, toluen ini juga bisa menyebabkan kerusakan kulit dan organ (terutama alat reproduksi) apabila kita terpapar dalam waktu lama ataupun berulang-ulang. toluen yang kita hirup atau masuk melaui kulit, juga bisa terakumulasi dalam hati, ginjal, otak dan darah. oleh karenanya, dalam mengerjakan ini, kami diharuskan mengenakan sarung tangan bahan kimia yang terbuat dari karet PVC, mengenakan safety goggles dan juga mengenakan masker khusus untuk gas & uap toluen.
3. tambahkan 3 tetes larutan F-46 demulsifier ke dalamnya. dalam hal ini, F-46 demulsifier berfungsi larutan pemecah emulsi antara air dan minyak mentah.
4. masukkan centrifuge tube ke dalam alat pemanas hingga temperaturnya mencapai 140° F (60° C). selama proses pemanasan tersebut, centrifuge tube direndam dalam larutan oli tipe Turalix-52. pemanasan ini berfungsi agar larutan2 yang sudah ditambahkan dapat bereaksi secara efektif.
5. setelah temperatur yang diinginkan tercapai, segera pindahkan centrifuge tube ke dalam alat pemutar sentrifugal selama 5 menit. dalam alat tersebut, cetrifuge tube akan diputar dengan kecepatan hingga 1725 rpm. kecepatan ini kurang lebih sebanding dengan kecepatan putar mesin mobil di persneling (gear) gigi dua.
6. setelah 5 menit, maka akan kita dapati bahwa minyak dan partikel2 sedimen tanah telah terpisah ikatannya dengan minyak mentah dan telah berkumpul di dasar centrifuge tube. angka BS&W didapat dari pembacaan skala prosentase yang terdapat di pinggir centrifuge tube. demikianlah…

~ by MS O on April 24, 2010.

2 Responses to “Quality Control Laboratorium : Basic Sediment and Water”

  1. ada yang tahu ga tempat laboratorium test minyak BS&W???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: